Jumat, 15 Agustus 2008

Bisnis dan Sistem Informasi 2

Nah, disinilah evaluasi sistem informasi berperan. Sistem informasi harus dievaluasi tentang manfaat dan kegunaannya pada bisnis Anda. Mengapa demikian? Sudah banyak perusahaan yang mengembangkan atau membeli sistem informasi dengan harga, tenaga dan waktu yang tidak sedikit dan tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis maupun penggunanya sebagai pelaku bisnis.
Disinilah persimpangannya. Seolah bisnis Anda seharusnya bergerak lurus dan dengan kecepatan tinggi karena didukung oleh sistem informasi yang efektif, namun sebaliknya menjadi bergerak berkelok-kelok dan lambat karena pengguna tidak mau atau setengah-setengah menggunakan sistem informasi itu.
Pengguna dapat melakukan evaluasi sistem informasi. Itu adalah konsep utama yang harus Anda percayai. Pengguna merupakan pilar utama kesuksesan penggunaan sistem informasi. Anda mungkin bertanya bagaimana melakukan evaluasi sistem informasi pada bisnis? Para manajer bisnis Anda menggunakan sistem informasi untuk apa saja? Untuk jawaban pertanyaan itulah buku ini membahas tentang evaluasi sistem informasi. Anda akan ditunjukkan bagaimana melakukan evaluasi sistem informasi berdasarkan model UDMISS yang terdiri dari evaluasi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat. Selain itu, Anda dapat pula mengidentifikasi penggunaan sistem informasi dalam bisnis Anda. Apakah digunakan sepenuhnya untuk operasional bisnis atau tidak? Apakah sistem informasi bisnis Anda optimal atau tidak? Mari kita bahas secara menyeluruh dalam bab-bab selanjutnya.

Tidak ada komentar: