Jumat, 15 Agustus 2008

Bisnis dan Sistem Informasi 1

Para manajer perusahaan mengolah bisnis Anda sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar. Tentu inilah yang Anda harapkan. Mereka menggunakan sistem informasi dalam operasional bisnis sehari-hari. Mereka juga berpendapat bahwa sistem informasi mampu menghemat waktu kerja, biaya, dan sumberdaya serta untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam pengambilan keputusan bisnis. Pendeknya, mereka yakin sistem informasi dapat mempermudah pekerjaan mereka sekaligus memberikan keuntungan berlipat pada Anda.
Tujuan ini menarik, namun apakah Anda yakin akan hal itu? Apa bukti bahwa sistem informasi memang memberikan kontribusi seperti itu? Mungkin para manajer Anda mengatakan bahwa setelah menggunakan sistem informasi baru, penjualan meningkat dan demikian pula dengan laba bersih perusahaan. Biaya-biaya menjadi lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya. Nanti dulu, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa semua itu disebabkan karena implementasi sistem informasi baru. Apakah bukan karena kondisi ekonomi yang membaik? Apakah bukan karena menemukan pemasok baru yang lebih kompetitif? Apakah karena produk Anda diminati karena produk lain telah hilang atau menurun produksinya? Atau justru sebaliknya. Para manajer menyalahkan sistem informasi sehingga menyebabkan kinerja mereka menjadi turun karena harus beradaptasi dengan sistem baru itu. Anda membutuhkan suatu alat evaluasi yang memberikan informasi langsung atas kinerja dan manfaat sistem informasi bisnis Anda.

Tidak ada komentar: