Jumat, 15 Agustus 2008

Ada Apa antara Anda dengan Sistem Informasi 2

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita kembali meneropong bisnis yang Anda tekuni. Bisnis Anda, jika menggunakan sistem informasi maka setidaknya melibatkan tiga komponen utama, yaitu Manusia, hardware dan software. Apa kaitannya ketiga komponen ini dengan evaluasi sistem informasi? Hardware akan berkaitan dengan riset arsitektur hardware, sedangkan software akan terkait dengan riset pemrograman database. Dan manusia berkaitan dengan riset pengguna dan sistem informasi. Hal terakhir inilah yang akan menjadi fokus pembahasan dalam buku ini. Mengapa berfokus pada manusia? Jawabannya tidak lain bahwa manusia adalah inti dari semua bisnis yang Anda tekuni walaupun hanya membutuhkan seorang saja. Dari bisnis tradisional seperti jaringan ritel Indomaret, kios batik di pasar Klewer Solo, hingga bisnis berbasis Internet dan e-commerce seperti e-Bay, Google, Yahoo!, semuanya membutuhkan manusia untuk menjalankan bisnis itu.
Tidak jauh beda di Amerika Serikat, Martin pada tahun 1994 mengungkapkan bahwa perusahaan dan para manajernya perlu melakukan evaluasi atas kontribusi sistem informasi pada kesuksesan bisnis dan hingga pada tingkatan mana membantu mencapai posisi kompetitif bisnis itu sendiri. Hal yang sama diungkapkan pula oleh Sethi dan King, peneliti terkemuka dalam bidang sistem informasi di Amerika Serikat pada tahun 1994. Sedangkan Morris dan Dillon pada tahun 1997 mengemukakan pentingnya pengukuran kesuksesan sistem informasi atas investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan.
Dari pengukuran dan metode evaluasi yang ada, DeLone and McLean pada tahun 1992 menyajikan sebuah model untuk mengukur kesuksesan sistem informasi yang terkenal dengan sebutan Model DeLone and McLean Information Systems Success (DMISS). Model evaluasi ini mencoba membawa kehadapan kita suatu struktur variabel-variabel kesuksesan sistem informasi dan dasar bagi kita untuk menyederhanakan proses evaluasi sistem informasi. Sudah lebih dari 300 artikel dan jurnal yang mereferensikan dan menggunakan model ini dalam penelitian mereka. Kepopuleran inilah menjadi bukti bahwa model DMISS adalah model dasar yang layak digunakan sebagai model evaluasi sistem informasi. Hingga pada tahun 2003, DeLone and McLean melakukan revisi model tersebut untuk disesuaikan dengan perkembangan lingkungan bisnis dan kemajuan teknologi yang disebut sebagai Model Updated DeLone and McLean Information Systems Success (UDMISS). Karena kepopuleran dan bersifat komprehensif layaknya model UDMISS ini digunakan sebagai model untuk melakukan evaluasi sistem informasi bisnis. Oleh karena itu, kita akan menggunakan model UDMISS ini sebagai dasar evaluasi sistem informasi bisnis Anda.
Nah, buku ini akan difokuskan pada evaluasi sistem informasi dari sisi pengguna dengan menggunakan model UDMISS tersebut. Informasi yang dihasilkan dari evaluasi sistem informasi yang dibahas dapat digunakan sebagai pedoman pengambilan keputusan bisnis Anda dalam bentuk rekomendasi manajemen untuk peningkatan sistem informasi yang ada.

Tidak ada komentar: